• Menerima jasa Foto dan Video Shooting!

    Cara Menggunakan Manual Fokus Pada Kamera DSLR


    Kita semua tidak akan pernah tau kapan menggunakan manual fokus, terkadang disaat sedang kacau sensor auotofokus, Manual fokus bisa jadi penolong. Photografer makro banyak memanfaatkan manual fokus di karenakan memang sulit mengunci fokus disaat subyek photo hanya 15-20 cm di depan lensa. Begitu disaat anda memotret di kondisi yang tricky seperti saat memoteret objek yang bergerak dengan cepat dan anda hanya dapat memprediksi titik fokus diarah kemana objek ini berada. Berikut panduan melakukan manual fokus.

     Langkah pertama setel posisi focus di lensa, sobat akan melihat marking bertanda M/A atau AF/MF di lensa, gantilah di posisi M.

     Langkah ke dua Putar focus ring Untuk menentukan fokus,
     sobat semua hanya cukup memutar ring focus. Di lensa biasanya ada 2 ring yang bisa di putar, jika salah 1 mengubah zoom maka yang 1 nya lagi adalah focusing, putarlah focusing sambil mata mengintip di vievfinder. Terkadang sobat harus memutar kekiri dan kekanan sambil memastikan area yang ingin sobat fokuskan benar-benar tajam atau terlihat jernih.

     Langkah ke tiga Gunakan skala jarak .
    Lensa memiliki skala jarak di tubuhnya untuk membantu sobat menggunakan manual fokus, terkadang saat memotret di kondisi yang gelap ini akan sangat membantu sobat memperkirakan disebelah mana focusing harus di putar.

    Langkah ke empat memanfaatkan layar LCD untuk memeriksa ketajaman photo.
     Untuk melihat atau memeriksa seberapa tajam hasil foto yang sobat foto, cek hasil foto di layar LCD dan Perbesar dan arahkan di area yang kita ingin fokusnya tajam. Biasa ya disaat sobat memotret wajah, sobat harus memeriksa ketajaman di area mata. Nah Sekianlah 4 Cara menggunakan manual fokus Pada Kamera DSLR. Selamat mencoba dan selamat berkreasi....